Kamis, 24 Februari 2011

Pengertian Gegrafi Menurut Beberapa Ahli

Berikut ini beberapa konsep geografi yang dikemukakan oleh beberapa ahli.
1) Immanuel Kant
Geografi adalah ilmu yang objek studinya adalah benda-benda, hal-hal atau gejala-gejala yang terdapat dalam wilayah di permukaan bumi.
2) Karl Ritter
Geografi adalah suatu telaah tentang Bumi sebagai tempat hidup manusia. Hal-hal yang menjadi objek studi geografi adalah semua fenomena di permukaan bumi, baik organik maupun non organik yang berkaitan dengan kehidupan manusia.
3) Bintarto
Geografi adalah ilmu pengetahuan yang mencitrakan, menerangkan sifat-sifat bumi, menganalisis gejala-gejala alam dan penduduk. Serta mempelajari corak yang khas tentang kehidupan dari unsur-unsur bumi.
4) Seminar Lokakarya Ikatan Geografi Indonesia di Semarang tahun 1988
Geografi adalah ilmu yang mempelajari persamaan dan perbedaan fenomena geosfer dengan sudut pandang kewilayahan atau kelingkungan dalam konteks keruangan.
5) Elsworth Huntington
Geografi adalah studi tentang fenomena permukaan bumi beserta penduduk yang menghuninya, ia menjelaskan adanya hubungan timbal balik antara gejala dan sifst-sifat permukaan bumi dengan penduduknya.
6) Daldjoeni
Geografi adalah ilmu pengetahuan yang mengajarkan manusia mengenai tiga hal pokok, yaitu spasial (ruang), ekologi, dan region (wilayah). Secara spasial, geografi mempelajari persebaran gejala, baik yang alami maupun non alami. Secara ekologi, geografi mempelajari bagaimana manusia harus beradaptasi dengan lingkungannya. Dalam hal region, gegrafi mempelajari wilayah sebagai tempat tinggal manusia berdasarkan kesatuan fisiografisnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar